Sehubungan dengan maraknya berita pemalsuan, atau penipuan tentang beras premium, dengan ini manajemen Bumi Ganesa menyatakan bahwa sejak 2012 lalu (5 tahun lebih), beras organik OLEN TIDAK LAGI memasok ke jaringan supermarket YOGYA, YOMART dan jaringannya.
Beras OLEN yg beredar di YOGYA dan jaringannya BUKANLAH produksi Bumi Ganesa, Beras OLEN yang beredar di YOGYA dan jaringannya [...]

Continue reading about Beras Organik OLEN Tidak Masuk Jaringan Supermarket YOGYA, YOMART

admin on July 6th, 2012

Kota Kopenhagen, Denmark ditasbihkan sebagai Kota Terhijau Eropa 2014 mengalahkan kota Bristol di Inggris dan kota Frankfurt di Jerman. Hal ini terungkap dari siaran pers European Environment Agency minggu lalu (29/6).
Sebanyak empat belas kota bersaing dalam kompetisi yang menghasilkan tiga finalis dengan visi, rencana aksi dan strategi komunikasi terbaik.
Juri menilai ketiga finalis berdasarkan sejumlah kategori [...]

Continue reading about Ibukota Denmark Sebagai Kota Terhijau Eropa

admin on September 24th, 2011

Rancangan Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani yang kini sedang dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat masih mengecilkan peran petani dalam penyediaan pangan.
Petani masih diposisikan sebagai kelompok rentan dan “bodoh” dalam RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani tersebut.  Hal ini bertolak belakang dengan fakta bahwa petani Indonesia merupakan tulang punggung penyedia pangan dengan segala kreativitas dan pengetahuannya.
Jadi padangan [...]

Continue reading about Peran Petani Belum Diakomodir

admin on September 15th, 2011

Polewali Mandar: Jamil, petani di Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa membabat padinya yang ditanam dua bulan lalu. Bulir padinya kosong karena kekurangan air.
Petani lainnya membabat dan membakar tanaman padinya agar lahan bisa diolah lebih cepat karena diperkirakan musim hujam mulai turun pada akhir Oktober mendatang.

Continue reading about Gagal Panen Meluas

admin on September 9th, 2011

JAKARTA–MICOM: Pemerintah Indonesia memperpanjang kontrak kerja sama pengadaan beras dari Thailand sebesar 1 juta ton akan diperpanjang pada Desember 2011, sedangkan kontrak 1 juta ton beras dari Vietnam akan dilakukan pada akhir 2012.
Hal ini diutarakan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden, Jumat (9/9), seusai menghadiri rapat internal soal kunjungan PM [...]

Continue reading about Impor Beras dari Thailand dan Vietnam Diperpanjang

admin on August 17th, 2011

JAKARTA - Hingga saat ini, pemerintah belum mengucurkan dana bantuan bagi petani yang gagal panen. Menteri Pertanian Suswono beralasan, keterlambatan pengucuran dana tersebut karena dinas provinsi belum menyerahkan data verifikasi.
Bila data tersebut telah tiba di Kementerian Pertanian, dia berjanji segera mengucurkan dana bantuan tersebut. “Dananya sudah siap. Tinggal begitu ada verifikasi dari dinas provinsi (dana) [...]

Continue reading about Dana Bagi Petani Gagal Panen Belum Cair

admin on June 7th, 2011

KEDIRI, KOMPAS.com - Puluhan hektar tanaman padi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur diserang hama wereng. Akibatnya, petani gigit jari karena tidak mendapatkan hasil.
Muryadi (48), seorang petani di Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul mengeluhkan kondisi tanaman padi sebagai sumber mata pencariannya. Ia menuturkan, hama tersebut mulai menyerang pada saat padi kisaran kurang 3 minggu menjalang panen. [...]

Continue reading about Jelang Panen, Padi di Kediri Kena Wereng

admin on May 25th, 2011

Garut: Banjir bandang yang terjadi Jumat lalu menyebabkan sekitar 452 hektare lahan pertanian di Kecamatan Pameungpeuk, Cikelet, dan Cibalong, Garut, Jawa Barat, rusak. Untuk mengurangi dampak kerugian, sejumlah petani terpaksa memanen tanaman padi mereka lebih awal. Sebab, jika dibiarkan padi akan membusuk.

Continue reading about Petani Garut Panen Padi Lebih Awal

admin on May 19th, 2011

PADANG - Dari total impor beras selama Maret 2011, impor terbesar Sumatra Barat berasal dari Singapura sebesar 70,78 juta dolar AS lebih. “Untuk aktivitas impor yang sama, maka urutan kedua terbesar asal impor Sumbar adalah Vietnam yang tercatat sebesar 5,37 juta dolar AS lebih,” kata Kepala BPS Sumbar Muchsin Ayub di Padang, Sabtu (14/5).

Continue reading about Beras di Padang Berasal dari Singapura!

admin on May 5th, 2011

BANDA ACEH, — Kemampuan tukar petani subsektor tanaman pangan di Aceh sepanjang April 2011 anjlok 0,68 persen dibandingkan dengan bulan Maret. Hal ini karena nilai hasil pertanian mereka tidak sebanding dengan nilai harga barang yang harus mereka beli. Kondisi ini sangat ironis mengingat sepanjang Maret-April, petani subsektor tanaman pangan, khususnya padi, justru sedang panen.

Continue reading about Panen, Daya Beli Petani Padi Malah Turun