Bogor - Negara-negara penghasil beras dunia menghadapi tantangan untuk meningkatkan produktivitas padi dan pada saat yang sama mendukung konservasi lingkungan dengan penggunaan air dan sumberdaya alam secara efisien serta memelihara nilai-nilai pedesaan.
“Isu besar yang dihadapi dunia saat ini adalah masalah perubahan iklim, peningkatan populasi, serta berkurangnya tenaga kerja di perdesaan karena urbanisasi,” kata Deputi Dirjen [...]

Continue reading about Produsen Beras Hadapi Tantangan Dukung Konservasi Lingkungan

admin on December 24th, 2010

Kuala Lumpur - Jelang laga final tiga hari lagi, stamina dan kesehatan timnas Indonesia  betul-betul terjaga. Dalam soal makanan saja, tidak sembarangan boleh dikonsumsi. Nasi merah pun menjadi menu wajib.
“Makanan yang wajib dikonsumsi pemain sudah kami susun dan atur sesuai  standar kesehatan untuk olahragawan,” ujar anggota tim dokter Timnas,  dr.Erwin di Kuala Lumpur, Jumat (24/12/2010).

Continue reading about Beras Merah Menu wajib Timnas

admin on December 16th, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com - Impor beras yang dilakukan oleh Bulog disertai dukungan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan membuat para petani menjadi miskin. Hal itu diungkapkan oleh Benny Pasaribu, Sekjen Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jumat (10/12). Dia mengatakan, pemerintah melakukan langkah keliru dalam mengimpor beras karena sekitar 40 persen penduduk indonesia bermata pencaharian di sektor pertanian.
“Seharusnya, [...]

Continue reading about Impor Beras Makin Miskinkan Petani

admin on December 15th, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih mengatakan strategi yang paling tepat untuk swasembada beras adalah dengan tidak melakukan impor. Dia mengatakan, pemerintah harus berani menyetop impor beras.
Bungaran menuturkan, Indonesia sudah pernah swasembada beras yakni tahun 1984, 2004 dan 2008 lalu. Menurutnya, swasembada beras itu bisa tercapai berkat kerja keras. Cuma, ”Kita melupakan kerja [...]

Continue reading about Pemerintah Harus Berani Stop Impor Beras

admin on December 11th, 2010

REMBANG, KOMPAS.com - Ratusan hektar lahan pertanian dan tambak serta belasan rumah warga Desa Sendangasri, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/12/2010) petang, diterjang banjir setinggi 40 centimeter atau setinggi lutut orang dewasa.
Banjir luapan sungai Sendangasri tersebut juga meluberi jalan Jalur Pantura. Akibatnya, kendaraan bermotor roda empat harus berjalan hati-hati sepanjang lebih dari satu [...]

Continue reading about Bencana Banjir Banjir Terjang Pertanian dan Tambak

admin on December 6th, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia merencanakan ekspor beras premium atau kualitas tinggi mulai tahun depan sehingga produknya juga akan ditingkatkan.
“Beras premium boleh diekspor. Tahun depan, kalau bisa, digenjot produksinya,” kata Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar di Jakarta, Minggu (5/12/2010).
Dia mengatakan, beras premium atau superkualitas adalah beras yang memiliki kadar patahan sebesar [...]

Continue reading about Pemerintah Siap Ekspor Beras Premium