admin on June 21st, 2011

Proses pembibitan
Tahapan proses pembibitan dimulai dari proses pemilihan (seleksi) bibit padi serta penyemaian sebagaimana uraian berikut :
a. Siapkan air tawar dalam ember secukupnya lalu masukkan sebutir telur ayam/bebek, kemudian secara perlahan-lahan masukkan garam dapur sambil diaduk-aduk dengan hati-hati sehingga telur yang semula tenggelam akhirnya terapung. Artinya air tersebut sudah siap dipakai untuk seleksi bibit [...]

Continue reading about Budidaya Padi Organik Metoda SRI, Pembibitan (2)

admin on June 14th, 2011

SRI (system of rice intensification) merupakan budidaya padi yang pada awalnya diteliti dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu di Madagascar dimana kondisi dan keadaannya tidak jauh beda dengan Indonesia. Cara budidaya SRI sebenarnya tidak asing bagi petani kita, karena sebagian besar prosesnya sudah dipahami dan biasa dilakukan petani.
Metode SRI ini dinamakan bersawah organik [...]

Continue reading about Budidaya Padi Organik Metoda SRI (1)

admin on June 13th, 2011

Jakarta - Ingin memulai hidup lebih sehat? Cobalah mulai memasukkan aneka sumber nutrisi sehat seperti gandum atau biji-bijian. Nasi merah, nasi hitam atau roti gandum bukan hanya mengenyangkan tetapi bisa juga membuat tubuh lebih sehat!
Beberapa tahun terakhir ini gandum dan beras merah menjadi primadona bagi mereka yang melakukan program diet. Karena gandum mengandung serat yang [...]

Continue reading about Yuk, Mulai Makan Nasi Merah!

admin on June 11th, 2011

Jakarta - Nasi menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Kinipun hadir beragam varian beras mulai dari yang biasa hingga yang organik. Nah, untuk Anda yang sedang memulai gaya hidup sehat beras organik yang satu ini bisa jadi pilihan!
Indonesia adalah salah satu negara penghasil beras yang cukup besar di Asia. Beras yang dihasilkan pun beragam [...]

Continue reading about Beras Mentik Organik Untuk Hidup Sehat

admin on June 7th, 2011

KEDIRI, KOMPAS.com - Puluhan hektar tanaman padi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur diserang hama wereng. Akibatnya, petani gigit jari karena tidak mendapatkan hasil.
Muryadi (48), seorang petani di Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul mengeluhkan kondisi tanaman padi sebagai sumber mata pencariannya. Ia menuturkan, hama tersebut mulai menyerang pada saat padi kisaran kurang 3 minggu menjalang panen. [...]

Continue reading about Jelang Panen, Padi di Kediri Kena Wereng