admin on September 24th, 2011

Rancangan Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani yang kini sedang dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat masih mengecilkan peran petani dalam penyediaan pangan.
Petani masih diposisikan sebagai kelompok rentan dan “bodoh” dalam RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani tersebut.  Hal ini bertolak belakang dengan fakta bahwa petani Indonesia merupakan tulang punggung penyedia pangan dengan segala kreativitas dan pengetahuannya.
Jadi padangan [...]

Continue reading about Peran Petani Belum Diakomodir

admin on September 19th, 2011

Musim penghujan sudah dimulai beberapa hari terakhir ini. Dalam tradisi petani indonesia, inilah saat yang paling tepat untuk memulai menanam padi maupun tanaman sawah yang lain.
BUMI Ganesa menjual benih padi hitam dan benih padi merah. Benih padi merah & hitam merupakan benih padi lokal yang bisa dibudidayakan kembali oleh petani, sehingga petani tidak mempunyai ketergantungan [...]

Continue reading about Jual Benih Padi Merah & Hitam

admin on September 15th, 2011

Polewali Mandar: Jamil, petani di Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa membabat padinya yang ditanam dua bulan lalu. Bulir padinya kosong karena kekurangan air.
Petani lainnya membabat dan membakar tanaman padinya agar lahan bisa diolah lebih cepat karena diperkirakan musim hujam mulai turun pada akhir Oktober mendatang.

Continue reading about Gagal Panen Meluas

admin on September 9th, 2011

JAKARTA–MICOM: Pemerintah Indonesia memperpanjang kontrak kerja sama pengadaan beras dari Thailand sebesar 1 juta ton akan diperpanjang pada Desember 2011, sedangkan kontrak 1 juta ton beras dari Vietnam akan dilakukan pada akhir 2012.
Hal ini diutarakan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden, Jumat (9/9), seusai menghadiri rapat internal soal kunjungan PM [...]

Continue reading about Impor Beras dari Thailand dan Vietnam Diperpanjang

admin on September 5th, 2011

Beras coklat organik yang dimaksud disini adalah berasal dari gabah beras putih yang digiling satu kali. Beras putih yang biasa kita lihat sehari-hari adalah berasal dari gabah beras putih yang digiling dua kali. Beras putih yang digiling satu kali menyebabkan beras tersebut masih mempunyai kulit beras yang masih tersisa, sehingga secara fisik nampak berwarna coklat.
Dalam [...]

Continue reading about Beras Coklat Organik