Banyak orang bertanya, “Emang ada beras hitam itu?”.
Dan jawabnya adalah :”Beras Hitam itu memang ada.”

Beras hitam sebenarnya adalah beras varietas lokal kita. Varietas ini asalnya ada di beberapa daerah termasuk di jawa barat. Beras hitam ini berwarna hitam dan kalau dimasak nasinya juga berwarna hitam. Sebagian orang membudidayakan sebagai beras huma. Jika anda jalan-jalan pagi ke pasar, sering dijual nasi hitam ini sebagai nasi timbel, tentu agak pra ( kurang pulen karena padi huma). Ini termasuk varietas padi lokal yang hampir punah. Jadi kalau malaysia mengembangkan beras ini, ya sebenarnya kita sudah lebih dahulu, hanya biasa kurang publikasinya. Cara menanamnya sama seperti beras
biasa, usia pun sama sekitar 4 bulan. Jadi rasa nasi hanya warna hitam, bukan seperti ketan hitam. Bukan pula beras biasa yang diproses menjadi hitam.

Dari sisi khasiat dan gizi ternyata pigmen beras yang berwarna hitam mempunyai khasiat paling baik dibanding beras berwarna lainnya. Beras hitam sangat berbeda dibanding ketan hitam, baik rasa, aroma maupun penampilannya. Sangat spesifik dan unik. Bila sudah dimasak beras hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Rasanya enak dan aromanya menimbulkan selera makan.

Menurut penelitian ahli, beras hitam mempunyai khasiat:

  1. Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit

  2. Memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirrosis)

  3. Mencegah gangguan fungsi ginjal

  4. Mencegah kanker/tumor

  5. Memperlambat penuaan (Antiaging)

  6. Sebagai Antioksidan

  7. Membersihkan kolesterol dalam darah

  8. Mencegah anemia

Tags:

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.