1)- Buah masak yang populer sebagai “buah meja”, selain untuk pencuci mulut juga sebagai pensuplai nutrisi/gizi terutama vitamin A dan C. Buah pepaya masak yang mudah rusak perlu diolah dijadikan makanan seperti sari pepaya, dodol pepaya. Dalam industri makanan buah pepaya sering dijadikan bahan baku pembuatan (pencampur) saus tomat yakni untuk penambah cita rasa, warna dan kadar vitamin.

2)-Dalam industri makanan, akarnya dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit ginjal dan kandung kencing.

3)-Daunnya sebagai obat penyembuh penyakit malaria, kejang perut dan sakit panas. Bahkan daun mudanya enak dilalap dan untuk menambah nafsu makan, serta dapat menyembuhkan penyakit beri-beri dan untuk menyusun ransum ayam.

4)-Batang buah muda dan daunnya mengandung getah putih yang berisikan enzim pemecah protein yang disebut “papaine” sehingga dapat melunakan daging untuk bahan kosmetik dan digunakan pada industri minuman (penjernih), industri farmasi dan textil.

5)-Bunga pepaya yang berwarna putih dapat dirangkai dan digunakan sebagai “bunga kalung” pengganti bunga melati atau sering dibuat urap. Batangnya dapat dijadikan pencampur makanan ternak melalui proses pengirisan dan pengeringanu.

Nilai gizi buah pepaya dan manfaat dari setiap bagian tanaman pepaya adalah seperti :
*Karbohidrat (g)=12,10
* Lemak (g) 0,30
* Protein (g) 0,50
* Vitamin B1 (mg) 0,03
* Vitamin B2 (mg) 0,04
* Vitamin C (mg) 74,00
* Kalsium (mg) 34,00
* Fosfor (mg) 11,00
* Zat Besi (mg) 1,00
* Serat (mg) 0,70

Info : www.bumipepaya.blogspot.com

Tags:

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.