CIANJUR, (PRLM).- Dampak dari banyaknya petani padi yang mengalami gagal panen dan mulai berakhirnya musim panen di beberapa daerah, kembali mendorong naiknya harga beras yang dijual pedagang di pasar tradisional Kabupaten Cianjur. Dalam sepekan terakhir harga semua jenis beras mengalami kenaikan sekitar Rp 200 setiap kilogramnya. Misalnya beras kualitas 2 yang asalnya dijual Rp 5.600/kg, kini menjadi Rp 5.800/kg. Namun demikian persediaan beras ditingkat pedagang masih mencukupi untuk memenuhi permintaan konsumen.

Selain beras, kenaikan yang cukup tinggi terjadi pada beberapa komoditas pertanian lainnya. Misalnya berbagai jenis cabai merah dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan akibat hasil panen petani menurun. Cabai merah tanjung lokal yang asalnya dijual Rp 17.000/kg, kini dijual pedagang antara Rp 28.000 - Rp 30.000/kg.

Informasi yang dihimpun dari beberapa pedagang di Pasar Induk Cianjur menyebutkan pada bulan Mei ini, harga beras naik lagi Rp 200/kg. Sebelumnya kenaikan juga sempat terjadi di bulan April 2010 dengan nilai yang sama. Besarnya kenaikannya relatif sama untuk setiap jenis beras.

Kenaikan juga terjadi pada komoditas Cabai dengan nilai cukup tinggi. Menurut Acep Heri Pedagang Pasar Induk Cianjur, cabai merah tanjung lokal seminggu lalu masih dijual Rp 17.000/kg, tetapi sekarang naik menjadi Rp 30.000/kg. Sedangkan cabai merah tanjung partai dijual lebih murah yaitu Rp 24.000/kg karena kualitasnya lebih rendah. “Cabai kriting juga naik sekarang Rp 23.000 per kg. Demikian pula dengan sayuran seperti bunga kol sekarang jual Rp 10 ribu, sekarang harga belinya sudah segitu,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Cianjur M. Ginanjar melalui Kasi Bina Sistem Distribusi Yudi Adi Nugroho membenarkan dari hasil pemantauan dua komoditas yang harga mengalami kenaikan cukup signifikan yaitu, beras dan cabai merah. Pada minggu ke 2 di bulan Mei, harga beras kembali naik akibat pengaruh banyak petani yang mengalami gagal panen. (A-116/das)

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/

Tags: , ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.