New York - Peneliti genetik melacak sejarah evolusi padi. Peneliti ini menemukan, padi olahan sudah ada sejak 9.000 tahun silam di China. Seperti apa moyang padi ini?

Hasil studi sebelumnya menyatakan, padi olahan berasal dari India dan China. Namun bukti genetika menunjukkan,China merupakan sumber padi tertua dunia. Berdasarkan hasil studi New York University (NYU), bukti arkeologi menunjukkan, padi olahan telah lama ada di lembah Yangtze, 8.000-9.000 tahun silam.

Sementara padi olahan di Gange, India, baru ada 4.000 tahun silam. Para ilmuwan meneliti sejarah padi olahan dengan merangkai 630 fragmen gen beragam jenis padi liar dan olahan.

Hasil menunjukkan,data gen paditersebut konsisten dengan data asal padi. “Nampaknya padi dibawa dari China ke India oleh petani.Padi olahan itu membaur dengan padi liar lokal,” ungkap ahli biologi NYU Michael Puruggana.

Padi olahan yang dulu diduga berasal dari India terbukti berasal dari China, lanjutnya. Padi asli Asiai, Oryza Sativa, merupakan salah satu spesies tanaman pangan tertua dunia. [mor]

Sumber : inilah.com

Tags:

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.