Jakarta - Ingin memulai hidup lebih sehat? Cobalah mulai memasukkan aneka sumber nutrisi sehat seperti gandum atau biji-bijian. Nasi merah, nasi hitam atau roti gandum bukan hanya mengenyangkan tetapi bisa juga membuat tubuh lebih sehat!

Beberapa tahun terakhir ini gandum dan beras merah menjadi primadona bagi mereka yang melakukan program diet. Karena gandum mengandung serat yang tinggi, kaya mineral, dan j vitamin. Tak heran jika gandum termasuk ’superfood’ yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Tak hanya gandum saja tetapi masih ada jenis makanan lain berbahan biji-bijian yang bisa membantu program diet Ada 6 cara sederhana untuk mendapatkan konsumsi sumber karbohidrat sehat dalam menu harian.

Campuran Tepung Gandum Utuh
Jika suka membuat kue atau roti dan pizza, gantilah dengan tepung terigu dengan tepung gandum utuh. Tepung gandum utuh harganya yang relatif lebih mahal karena itu mulailah ganti sebagian tepung terigu biasa dengan sebagian tepung gandum.

Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah
Mulailah ganti nasi putih dengan beras merah atau beras hitam. Kadar gula pada beras merah atau beras hitam jauh lebih sedikit dibandingkan beras putih. Selain itu, kandungan seratnya jauh lebih tinggi dan vitamin B nya lebih banyak. Beras merah ataupun beras hitam sudah banyak ditemukan di pasar swalayan dengan pilihan beras biasa ataupun organik. Selain beras merah atau beras hitam, ada jenis gandum yang dikenal dengan nama bulgur, quinoa yang juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Cobalah Pasta Gandum Utuh
Gandum utuh kini tak hanya dijadikan bubur atau roti saja, tapi juga bisa dipakai untuk membuat pasta. Tak perlu repot membuatnya, karena kini banyak pasta berbahan dasar gandum dijual di pasaran. Pasta yang berasal dari gandum utuh lebih dianjurkan karena kadar seratnya tiga kali lebih banyak dari gandum biasa. Pasta dari gandum bisa menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal.

Camilan dari Gandum dan Biji-bijian
Jangan hanya sampai makanan utama saja yang diganti dengan gandum dan biji-bijian, cobalah buat menu penutup dari gandum ataupun jenis bijian lainnya. Bisa juga memasukkan kacang-kacangan ke dalam muffin yang tepungnya sudah dicampur dengan tepung gandum utuh, atau tambahkan buah kering dan juga kacang-kacangan dengan yoghurt tawar. Selain menambah enak rasanya, juga lebih bermanfaat buat tubuh.

(eka/Odi)

sumber : detikfood.com

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.