SRI (system of rice intensification) merupakan budidaya padi yang pada awalnya diteliti dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu di Madagascar dimana kondisi dan keadaannya tidak jauh beda dengan Indonesia. Cara budidaya SRI sebenarnya tidak asing bagi petani kita, karena sebagian besar prosesnya sudah dipahami dan biasa dilakukan petani.

Metode SRI ini dinamakan bersawah organik dan menghasilkan padi/beras organik karena mulai dari pengolahan lahan, pemupukan, hingga penanggulangan serangan hama sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Metode SRI seluruhnya menggunakan bahan organik di sekitar kita yang ramah lingkungan dan bersahabat dengan alam serta makhluk hidup di lingkungan persawahan. Dari hasil penelitian dan percobaan oleh para ahli selama berhatun-tahun di berbagai Negara menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dengan metode SRI sangat tinggi.

Prinsip budidaya padi organik SRI terdiri dari beberapa kegiatan kunci dan prosesnya mutlak harus dilakukan agar hasil yang dicapai petani optimal.

1.    Proses pembibitan
2.    Proses pengolahan lahan
3.    Proses penanaman bibit padi
4.    Proses pemeliharaan
5.    Proses pemupukan
6.    Proses pengendalian hama

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.