Menurut penelitian, beras hitam mempunyai kasiat menyembukan berbagai penyakit. Beras hitam berfungsi sebagai obat dan bahan pangan. Kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino dari beras hitam semuanya lebih tinggi daripada beras biasa. Riset menunjukkan, warna beras kian gelap, pigmen anti penuaan di lapisan luar beras kian menonjol. Oleh karena itu, beras hitam merupakan beras yang paling kaya pigmen dibanding beras jenis lain.

Peran pigmen beras hitam adalah paling baik di antara berbagai jenis beras berwarna. Selain itu, pigmen beras hitam tersebut kaya mengandung materi aktif flavonoid. Kadar materi aktif flavonoid dalam beras hitam lima kali lipat dari pada beras putih dan berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi. Beras hitam mengandung relatif banyak serat makanan (dietary fiber). Indeks gula dalam beras hitam 55 sedangkan beras putih adalah 87.

Zat kalium dan magnesium dalam beras hitam bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah, dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung. Maka, penderita penyakit kencing manis dan pembuluh darah jantung dapat mengkonsumsi beras hitam sebagai makanan penyehat badan.

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.