Polewali Mandar: Jamil, petani di Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa membabat padinya yang ditanam dua bulan lalu. Bulir padinya kosong karena kekurangan air.

Petani lainnya membabat dan membakar tanaman padinya agar lahan bisa diolah lebih cepat karena diperkirakan musim hujam mulai turun pada akhir Oktober mendatang.

Kekeringan membuat harga beras naik karena terjadi gagal panen di berbagai daerah. Di Pasar Dargo, Semarang, Jawa Tengah, harga beras naik rata-rata Rp 200 per kilogram. Beras kualitas biasa bahkan kosong.

Tak hanya beras, tanaman cabai di Serang, Banten, juga gagal panen setelah tiga bulan kekeringan. Seluruh batang tanaman cabai siap panen ini mati dengan daun mengering. Petani terpaksa memanen cabai lebih awal sehingga harga jualnya jatuh. Akibat kegagalan ini petani rugi puluhan juta rupiah.

Kekeringan adalah gejala alam yang tidak bisa ditolak. Karena itu, irigasi dibangun agar air tetap bisa mengaliri sawah di musim kemarau. Sayangnya sebagian besar irigasi di indonesia tidak berfungsi maksimal. (YUS)

Sumber : www.liputan6.com

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.