Menurut FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat,yang termasuk dalam whole grain adalah produk makananyang menggunakan biji-biji serelia utuh minimal 51% dari seluruh bahan baku, mulai dari dedak, endosperma, hingga lembaga, dalam komposisi yang proporsional.
Contoh whole grain adalah jagung, gandum, dan beras.

Dari segi rasa, produk yang mengandung whole grain, apalagi yang sampai 100%, pada umumnya memang menimbulkan rasa agak getir di lidah. Warna whole grain juga lebih gelap kecoklatan, terutama karena kulit serelia.

Whole grain mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga lebih mengenyangkan. Mengkonsumsi whole grain dapat mencegah gangguan pencernaan.

Whole grain juga baik untum dikonsumsi oleh penderita kanker pankreas. Penelitian oleh June Chan yang dipublikasikan The American Journal of Epidemiology pada November 2007, menunjukan bahwa konsumsi whole grain dua kali sehari dapat mencegah kematian hingga 40% pada penderita kanker pankreas.

Whole grain juga baik untuk kesehatan jantung. Penelitian oleh Luc Djoussé dan J Michael Gaziano dari Harvard University yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine pada Oktober 2007, menunjukkan bahwa tingkat resiko anak muda berusia 20 tahun yang mengkonsumsi whole grain dua hingga enam kali seminggu, terkenan serangan jantung 22% lebih rendah. Penelitian oleh Phillip Mellen dari Wake Forest University jugs menunjukan bahwa tingkat resiko orang yang mengkonsumsi 2,5 kali sajian whole grain setiap hari, terkena penyakitpenyumbatan pembuluh darah 1,25 kali lebih rendah.

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.