Whole grain pasa umumnya terdiri dari tiga bagian besar, yaitu dedak (bran), endosperma, dan embrio atau lembaga (germ). Serelia yang sudah digiling atau disosoh, seperti beras giling/beras putih yang kita konsumsi sehari-hari, sebenarnya bukanlah butiran utuh serelia, melainkan hanya endosperma. Sedangkan dedak dan lembaganya sudah dibuang.

Proses penggilingan di satu sisi sangat menguntungkan karena dapat menyisihkan komponen asing seperti kotoran atau kerikil. Selain itu serelia yang sudah digiling pada umumnya memiliki tampilan fisik yang lebih baik, lebih halus, dan lebih putih. Sedangkan whole grain berwarna kecoklatan sehingga menimbulkan kesan kotor dan tidak menarik. Warna tersebut merupakan warna alami dedak.

Meskipun tidak menarik, warna coklat justru menandakan bahwa whole grain memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dibandingkan dengan serelia yang telah digiling.

Komponen utama yang terkandung dalam endosperma adalah karbohidrat dan protein. Komponen utama yang terkandung dalam lembaga adalah vitamin B kompleks, vitamin E, dan antioksidan. Sedangkan pada dedak banyak terkandung serat pangan, vitamin B, dan mineral.

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.