Hal terpenting agar kita mnjalani hidup yg panjang & sehat adalah lakukanlah apa yang membuat kita bahagia. (dr. Hiromi Shinya)

Tubuh memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri. Obat memang dapat membantu tubuh dalam keadaan darurat, pembedahan mungkin diperlukan dalam keadaan tertentu, tetapi hanya tubuh kita yang memiliki kemampuan untuk sembuh.

Selama beberapa dekade berpraktik secara klinis dan memeriksa beratus ribu orang sebagai seorang ahli endoskopi gastrointestinal, saya mempelajari bahwa jika sistem pemcernaan seseorang bersih, tubuh orang tersebut dapat melawan penyakit jenis apa pun dengan mudah. Di pihak lain, jika sistem pencernaan seseorang tidak bersih, orang tersebut akan rentan menderita suatu penyakit.

Dengan kata lain, seseorang yang memiliki karakteristik lambung dan usus yang baik adalah orang yang sehat jasmani dan rohani, tetapi orang yang memiliki karakteristik lambung dan usus yang buruk biasanya memiliki masalah mental atau fisik. Artinya, menjaga karakteristik lambung dan usus dengan baik berhubungan langsung dengan menjaga kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Secara spesifik, apakah yang harus dilakukan (atau dihindari) oleh seseorang untuk menjaga karakteristik lambung dan usus yang baik? Akhirnya, saya menemukan keterkaitan erat antara kesehatan dan cara-cara tertentu untuk makan dan hidup.

Yang hendak disampaikan dalam buku ini adalah teori saya mengenai bagaimana cara menjalani hidup yang panjang dan sehat, berdasarkan data yang telah saya kumpulkan melalui praktik kedokteran saya selama berpuluh tahun. Data tersebut menunjukkan bahwa seluruh tubuh dan fungsinya yang tak terhitung banyaknya itu dapat dipahami dengan menggunakan sebuah kunci. Kunci tersebut, kunci menuju hidup panjang dan sehat terangkum dalan satu kata: ENZIM.

Enzim adalah sebuah istilah generik untuk katalis protein yang dibentuk di dalam sel makhluk hidup. Di mana pun terhdapat kehidupan, di dalam tumbuhan maupun hewan, enzim selalu ada. Enzim ikut ambil bagian dalam seluruh aktifitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan, seperti sintesis dan penguraian, transportasi, ekskresi, detoksifikasi, dan penyediaan energi. Makhluk hidup tidak akan dapat mempertahankan kehidupan tanpa adanya enzim.

Makhluk hidup juga memproduksi enzim dengan menggunakan enzim yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi.

Lebih dari 5.000 jenis enzim vital diciptakan di dalam sel-sel tubuh makhluk hidup. Setiap jenis enzim memiliki karakteristik khusus dan fungsi yang unik.

Ada suatu enzim pangkal, yaitu sejenis enzim prototipe yang belum terspesialisasi. Selama belum diubah menjadi suatu enzim spesifik sebagai reaksi terhadap suatu kebutuhan tertentu, enzim pangkal ini memiliki potensi untuk berubah menjadi enzim jenis apa pun.

Kesehatan anda bergantung kepada sebaik apa anda menghemat dan bukan menguras enzim pangkal dalam tubuh anda. Saya menggunakan istilah enzim pangkal untuk menyebut katalis-katalis ini karena saya yakin mereka adalah enzim-enzim tak terspesialisasi yang merupakan asal mula 5.000 enzim terspesialisasi yang mengemban berbagai aktifitas dalam tubuh manusia. Saya juga menyebut mereka sebagai enzim “ajaib” karena mereka memainkan peran sangat penting dalam kemampuan tubuh menyembuhkan diri sendiri.

Sumber : The Miracle of Enzyme, by dr.Hiromi Shinya

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.