Anda adalah apa yg anda makan. Penyakit, hidup, dan kesehatan adalah hasil dari yang anda makan sehari-hari.

Pada 1996, departemen Kesehatan, tenaga kerja, dan kesejahteraan Jepang memutuskan untuk mengganti nama “penyakit usia dewasa” (seperti kanker, penyakit jantung, penyakit lever, diabetes, penyakit pembuluh darah otak, hipertensi, dan kolesterol tinggi) menjadi “penyakit gaya hidup”. Melalui pemeriksaan ulang hubungan antara makanan dan kesehatan, jelaslah bahwa penyakit-penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan gaya hidup, bukan karena usia.

Orang-orang yang akan menderita “penyakit gaya hidup” pada suatu saat dalam hidupnya, biasanya merokok, mengkonsumsi alkohol setiap hari, mengkonsumsi banyak daging, dan hampir tidak pernah mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran, serta mengkonsumsi produk-produk hasil susu sperti susu, yoghurt, dan mentega, terutama sejak usia belia. Walaupun jenis penyakit bergantung pada faktor-faktor genetis dan lingkungan, tanpa disangkal orang-orang yang memiliki gaya hidup seperti ini akan menderita penyakit.

Saat meneliti sejarah kebiasaan makan pasien-pasien kanker, saya menemukan bahwa menu makan mereka sebagian besar terdiri dari protein hewani dan produk susu, seperti daging, ikan, telur, dan susu.

Tidak peduli jenis kanker apa yang diderita seseorang, kondisi usus pasien kanker selalu bermasalah tanpa kecuali. Saya selalu mendorong setiap orang yang menderita kanker apa pun untuk menjalani pemeriksaan KOLONOSKOPI karena ada kemungkinan mereka akan menderita popip usus besar.

Saya tidak mengatakan bahwa anada dengan segera akan menderita suatu penyakit jika anda menyantap jenis-jenis makanan tertentu. Namun efek dari kebiasaan makan anda pasti akan terakumulasi dalam tubuh anda. Anda tidak boleh merasa lega hanya karena tidak ada gejala-gejala yang muncul hingga kini. Kesempurnaan datang karena berlatih, tetapi jika anda melatih kebiasaan buruk dari hari ke hari, kemungkinan pada akhirnya anda akan menjadi sakit.

Saat ini kita dikelilingi oleh banyak pilihan dari berbagai macam jenis makanan. Jika anda ingin berumur panjang dan sehat, anda harus menyadari bahwa anda tidak boleh memilih apa yang anda makan hanya karena rasanya enak. Dengan mengetahui hal ini, kriteria apakah yang diperlukan untuk memilih makanan yang anda makan setiap hari?

Dr Hiromi Shinya
The Miracle of Enzhyme

Tags: , ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.