Amerika Serikat menciptakan prototipe rumah yang mampu memroduksi energi sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

Rumah dengan kapasitas empat anggota keluarga ini diharapkan bisa menjadi contoh sebuah rumah hijau ideal yang mampu mengurangi konsumsi energi sekaligus polusi yang berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini terungkap dalam berita National Institute of Standards and Technology (NIST), lembaga di bawah Departemen Perdagangan Amerika Serikat yang diterbitkan minggu lalu (12/9).

Rumah ini akan menjalani uji coba selama satu tahun guna menguji teknologi hemat energi yang digunakan sekaligus mengembangkan desain standar rumah hijau yang murah dan efektif, sehingga bisa menghemat biaya.

Rumah percobaan ini telah memeroleh standar LEED Platinum dari Lembaga Bangunan Hijau Amerika Serikat (US Green Building Council) yang merupakan standar tertinggi bagi bangunan yang ramah lingkungan.

Rumah dua lantai ini memiliki empat kamar tidur, tiga kamar mandi dilengkapi berbagai fasilitas dan peralatan rumah tangga yang hemat energi. Rumah ini juga mampu menghasilkan energi melalui fasilitas panel surya sebagai sumber energi bagi alat pemanas dan peralatan rumah tangga. Hasil percobaan ini akan menentukan apakah teknologi dan desain rumah hijau ini siap diaplikasikan di masyarakat. Kita tunggu hingga setahun ke depan.

Sumber : hijauku.com

Tags: , ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.